Cara Menggunakan iMessage

IMG 1498 150x150 Cara Menggunakan iMessage

cara menggunakan iMessage

Salah satu fitur andalan dari iOS 5 adalah iMessage, tahukah Anda bagaimana cara menggunakan iMessage? Sebelum kita membahas mengenai cara menggunakan iMessage ada baiknya kita mengetahui beberapa hal penting yang berkenaan dengannya. Pertama, fitur iMessage hanya dapat ditemui pada gadget yang telah menggunakan iOS 5. iOS 5 tersedia untuk iPhone mulai dari iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S. Untuk iPad dapat di-install ada iPad dan iPad 2. Sedangkan iPod tersedia untuk iPod generasi ke-3 dan ke-4. Jadi bagi Anda yang memiliki salah satu gadget tersebut dapat langsung mengupgrade iOS Anda ke versi 5. Kedua, fitur iMessage sangat erat dengan Apple ID Anda. Ketika Anda pertama kali melakukan upgrade iOS 5 maka Anda akan diminta untuk memasukkan Apple ID untuk menyiapkan iCloud, iTunes Store, App Store dan fitur lain termasuk iMessage. Satu hal yang dapat saya simpulkan, setelah melakukan beberapa kali eksperimen, adalah iMessage menggunakan Apple ID sebagai identitas Anda. Jika Anda login ke iTunes store di iPhone Anda menggunakan alamat email lain maka fitur iMessage akan hilang secara langsung. Ketiga, kontak pada iMessage tergantung pada kontak yang Anda simpan pada akun iCloud Anda. Sewaktu Anda melakukan upgrade ke iOS 5 dan Anda memilih untuk mengaktifkan fitur iCloud maka Anda akan ditanya apakah ingin menggabung kontak pada iPhone Anda dengan kontak pada iCloud. Jika Anda menjawab ya maka semua kontak pada iPhone akan disalin ke kontak di iCloud. Jika tidak maka Anda harus memasukkan sendiri kontak Anda di iCloud. Cara manapun yang Anda pilih iMessage akan mencari daftar email pada kontak di iCloud dan mencocokkan apakah email tersebut juga terdaftar sebagai pengguna iCloud. Anda hanya dapat mengirimkan iMessage ke alamat email teman Anda yang terdaftar pada iCloud. Wah ternyata sudah panjang lebar juga pengantarnya, mari kita lanjutkan membahas cara menggunakan iMessage.

Cara Menggunakan iMessage: Setting yang Diperlukan

Ada beberapa konfigurasi yang perlu Anda ketahui sebelum dapat menggunakan fitur iMessage:

  1. Buka Settings > Message.
  2. Pada layar akan terlihat beberapa konfigurasi yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. iMessage tentu saja harus dalam keadaan “ON”. “Send Read Receipts” adalah berguna untuk mengirimkan tanda penerimaan begitu pesan seseorang sudah Anda baca. “Send As SMS” adalah pilihan untuk mengirimkan pesan sebagai SMS jika iMessage tidak tersedia. “MMS Messaging” untuk menghidupkan pilihan MMS. “Show Subject Field” untuk memperlihatkan opsi “Subject” pada saat Anda mengirimkan pesan. “Character Count” untuk memperlihatkan jumlah karakter yang sudah Anda ketikkan.
    120 240x320 1 img 1501 Cara Menggunakan iMessage
    121 240x320 2 img 1502 Cara Menggunakan iMessage
  3. Ada satu pilihan yaitu “Receive At” yang harus diperhatikan. Di dalam pilihan tersebut ada beberapa hal lagi yang bisa dikonfigurasi. Pada bagian paling atas Anda dapat melihat Apple ID yang digunakan oleh iMessage. Pastikan bahwa Apple ID ini sama dengan yang digunakan pada akun iCloud Anda. Pesan Anda dapat diterima di dua tempat yaitu nomor handphone dan email Anda.
    122 240x320 3 img 1503 Cara Menggunakan iMessage
  4. Nah sekarang setelah semua setting selesai dikonfigurasi marilah kita coba menggunakan iMessage. Pilih icon “Messages” pada iPhone Anda. Ketikkan salah satu nama teman Anda yang juga memiliki akun iCloud. Pada gambar di bawah dapat dilihat bahwa teman saya memiliki nomor handphone dan juga email. Jika email tersebut terdaftar pada iCloud maka di sebelah kanan akan terlihat sebuah gelembung berwarna biru yang menandakan bahwa Anda dapat mengirimkan iMessage ke alamat email tersebut. Tombol “Send” pada layar pengiriman pesan serta balasan dari teman Anda juga akan berlatar belakang biru. SMS biasa warna latarnya adalah hijau.
    123 240x320 4 img 1506 Cara Menggunakan iMessage
    124 240x320 5 img 1498 Cara Menggunakan iMessage

Cara Menggunakan iMessage: Kesimpulan

iMessage tentu saja merupakan fitur yang sangat dinanti-nantikan oleh para pengguna gadget Apple. Dengan fitur ini Anda dapat mengirimkan pesan ke iPad ataupun iPod teman Anda tanpa dikenai biaya asalkan Anda memiliki koneksi internet. Cara menggunakan iMessage juga sangat mudah seperti yang telah saya tuliskan di atas, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cara menggunakan imessage
  • cara mengaktifkan imessage
  • cara pakai imessage
  • cara imessage
  • imessage
  • cara setting imessage
  • cara aktivasi imessage
  • cara memakai imessage
  • cara aktifkan imessage
  • cara menggunakan icloud
Popular Posts

Dukung SeputariPhone untuk memberikan informasi yang terbaik. Mau tahu caranya? Klik disini



Related posts:

  1. Bagaimana Cara Upgrade iOS 5
  2. Fitur Baru iOS 5 Bisa Mengalahkan BlackBerry
  3. Sinkronisasi Kontak via iTunes
  4. iOS 4.3.3 Sudah Dirilis
  5. Apa Itu iCloud?