Apa Itu iCloud?

cloud 150x150 Apa Itu iCloud?

Apa itu iCloud

Pada perhelatan WWDC 2011 yang baru saja lewat banyak orang bertanya: apa itu iCloud? Sebelum WWDC 2011 dimulai, sudah banyak bocoran bahwa pada konferensi nanti bos Apple, Steve Jobs, akan membeberkan layanan terbaru dari Apple yang disebut dengan iCloud. Sekilas iCloud dapat diartikan sebagai “awan” yang ditambahkan awalan “i” seperti biasanya semua produk Apple. Namun apakah iCloud cuma berarti “awan dari Apple” atau “awan kepunyaan Apple”? Tentu saja tidak! Jika kita merujuk ke situs resmi Apple, disana sedikit dijelaskan kemampuan iCloud tersebut. Khusus untuk pengguna gadget keluaran Apple, iCloud akan menjadi tempat dimana Anda menyimpan foto, kalender, dokumen dan email. iCloud dapat diakses darimana saja yang penting Anda memiliki koneksi internet. “iCloud akan menjadi besar”, begitu kata sang Bos Apple pada WWDC 2011. Jadi apakah iCloud ini akan menjadi “besar” seperti semua produk Apple sebelumnya? Menarik untuk kita lihat perkembangannya, namun sebelumnya marilah kita menjawab pertanyaan awal kita: apa itu iCloud?

Apa Itu iCloud?

iCloud merupakan suatu tempat penyimpanan online yang dimiliki oleh Apple. Jika sekarang Anda menyimpan semua data Anda pada komputer Anda di rumah, di laptop, ataupun di flash drive Anda maka ke depannya Anda tidak memerlukan semua peralatan tadi. Yang Anda perlukan hanyalah membuat akun penyimpanan di iCloud. Anda dapat mengakses data-data yang tersimpan di akun iCloud Anda dari mana saja, tidak terbatas oleh tempat dan waktu. Tempat penyimpanan sebenarnya tidak akan Anda ketahui sehingga muncul kata “awan” tadi. Jadi intinya Anda menyimpan semua dokumen Anda di awan agar dapat diakses dari mana saja.

Pengguna gadget Apple akan sangat terbantu dengan iCloud ini. Kenapa? Jika sebelumnya Anda memerlukan tenaga ekstra untuk memindahkan aplikasi yang Anda beli di iPhone ke iPad ataupun iPod maka dengan iCloud Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Aplikasi yang Anda beli di iPhone melalui iTunes akan disimpan secara otomatis ke iCloud sehingga untuk memindahkannya ke gadget lain tidak lagi menjadi hal yang memeras otak. Menurut situs resmi Apple, Anda bahkan dapat mengedit satu dokumen di berbagai gadget secara bersamaan. Menarik bukan?

Setelah mendapatkan gambaran apa itu iCloud maka ada baiknya Anda juga mengetahui beberapa limitasi yang ada padanya. Foto-foto yang Anda simpan di iCloud hanya dapat bertahan selama 30 hari dengan besarnya kapasitas mencapai 1000 foto. walaupun demikian total tempat penyimpanan sebesar 5 GB sudah tergolong lebih dibandingkan yang disediakan oleh kompetitor lain. Selain itu pengguna diwajibkan membayar US$ 25 per tahun untuk menyimpan file musik yang tidak dibeli dari iTunes Store. Selain dari fasilitas penyimpanan musik ini maka fasilitas yang disediakan adalah gratis alias tidak berbayar. Bahkan iCloud sudah dapat dicoba sekarang asalkan gadget yang Anda miliki sudah menggunakan iOS 4.3. Untuk gadget dengan iOS lainnya baru akan dapat menggunakan iCloud pada musim gugur nanti berbarengan dengan dikeluarkannya iOS 5.

Kesimpulan Apa Itu iCloud

Dengan adanya iCloud akan memudahkan kita dalam bertukar dokumen, file, kalender dan email antar gadget keluaran Apple. Semua fasilitas pada iCloud adalah gratis selain penyimpan musik. Semoga apa yang saya tulis disini dapat menjawab pertanyaan apa itu iCloud dan memberikan sedikit bocoran terhadap kelebihannya.

Incoming search terms:

  • apa itu icloud
  • icloud adalah
  • fungsi icloud
  • kegunaan icloud
  • fungsi icloud pada iphone
  • fungsi icloud iphone
  • apa fungsi icloud
  • fungsi icloud di iphone
  • pengertian icloud
  • fungsi icloud pada ipad
Popular Posts

Dukung SeputariPhone untuk memberikan informasi yang terbaik. Mau tahu caranya? Klik disini



Related posts:

  1. Cara Memindahkan Backup Aplikasi ke Komputer Lain
  2. Chipset Dual Mode Buat iPhone dan iPad